Sunday, June 07, 2009

Duka Cita atas Pembunuhan Gajah - Kapan kita akan bersyukur ?


Indonesia adalah negara yang kaya raya dengan sumber daya alam yg berlimpah-limpah. Pertambangan minyak, emas, batu bara, kandungan gas alam dan panas bumi. Belum lagi keanekaragaman hayati, ribuan jenis species hewan liar dan tumbuhan hidup di Indonesia.

Sayang sekali bahwa kekayaan alam yang berlimpah-limpah itu tidak disyukuri, tapi justru disia-siakan. Tambang emas dan minyak dijual murah ke negara asing. Demikian pula sumber daya alam lainnya, bahkan pulaupun dijual. Hutan rimba belantara dijarah untuk kepentingan segelintir orang saja. Sementara pemerintah dan aparat keamanan tutup mata, entah karena tidak tahu, tidak mau tahu atau justru pemerintah dan aparat keamanan sendirilah yang mengambil keuntungan dari situ ?

Sekali lagi seharusnya kita patut bersyukur bahwa di hutan-hutan di Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu masih hidup hewan-hewan liar seperti gajah. Tapi entah apa yang ada dalam benak orang Indonesia ini, gajah-gajah liar tak berdosa ini bukannya dilindungi, dipelihara dan dijaga supaya tidak punah, tapi justru banyak dibunuh.

Dalam bulan Mei-Juni 2009 ini saja, tercatat sekurang-kurangnya 4 ekor gajah telah mati dibunuh (pls cek harian Kompas edisi 30 Mei, 2 Juni dan 6 Juni 2009).

Sedih dan miris rasanya hati ini membaca berita seperti itu. Dan ternyata ini bukan peristiwa pertama, kasus-kasus ini sudah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu, dan mungkin sudah puluhan gajah yang tewas menjadi korban.

Semakin menyedihkan lagi bahwa ternyata gajah ini bukan satu-satunya hewan yang menjadi korban. Beberapa bulan lalu juga beredar berita harimau Sumatra yang mati dibunuh, ada lagi kasus bayi harimau yang dicuri dari induknya. Saya jadi teringat beberapa tahun yang lalu sekelompok peneliti dan pencinta alam mencoba mencari sisa-sisa harimau Jawa. Tapi mereka tidak pernah menemukan hewan malang tersebut, yang ditemukan hanya sisa-sisa kotorannya saja, kalau saya tidak salah di Taman Nasional Meru Betiri ? Akhirnya "secara resmi" dinyatakan bahwa harimau Jawa sudah punah.

Akankah gajah dan harimau Sumatra juga akan mengalami nasib yang sama ? Tidakkah pemerintah terpanggil untuk melestarikan sisa-sisa kekayaan hayati ini ?

Gambar di atas memperlihatkan seekor gajah jantan yang mati diracun di Riau, 8 Mei 2009, sumber: http://foto.detik.com

No comments:

Post a Comment