Wednesday, June 10, 2009

Sengketa Ambalat - Indonesia bisa apa ?

Minggu-minggu terakhir ini kita kembali dibuat jengkel dengan kasus Ambalat. Setelah berhasil merampas Sipadan-Ligitan, mengklaim reog Ponorogo sebagai budaya asli Malaysia, bersikap sewenang-wenang terhadap para TKI di Malaysia. Sekarang Malaysia berulah lagi dengan mencoba merampas Blok Ambalat yang kaya minyak.

Sebagai orang Indonesia tentu kita bertekad mempertahankan Ambalat, itu suatu hal yang sudah jelas, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Tapi pertanyaannya adalah: apakah yang bisa kita lakukan ? seberapa kuat kita ? seberapa mampu kita ? seberapa beraninya kita ? Melihat ribuan TKI dihina dan diperlakukan sebagai binatang juga pemerintah tidak berbuat apa-apa, menanggapi reog Ponorogo yang diklaim sebagai budaya Malaysia juga pemerintah tidak bereaksi. Melihat manuver kapal Malaysia di perairan Ambalat, TNI AL sudah mencoba menghalau tapi akan mampu seberapa jauh ? Sedangkan persenjataan kita mungkin hanya separuh saja yang masih layak digunakan.

Saya kira ada dua hal yang perlu menjadi pokok pemikiran kita semua:
1. Seberapa besar tekad kita untuk menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat bangsa
2. Seberapa besar kekuatan/kemampuan kita untuk menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat bangsa.

Dua hal di atas merupakan prasyarat mutlak untuk menjaga kedaulatan kita sebagai bangsa dan negara. Keduanya merupakan aspek yang sangat erat berkaitan satu sama lain. Kekuatan tekad tentu akan berdampak langsung pada kekuatan kita, tapi tekad saja tidak cukup. Karena kekuatan mencakup dimensi yang sangat luas, mulai dari ekonomi, ideologi sampai ke kekuatan fisik angkatan bersenjata.

Di sinilah kita perlu prihatin. Ekonomi negara kita ambur adul, pembangunan berbasis hutang menyebabkan ketergantungan pada pihak asing dan Indonesia sudah terperangkap dalam jerat hutang negara-negara asing. Secara ekonomi kita sudah sangat lemah. Berhadapan dengan Malaysia, kita sudah "dijajah" secara ekonomi. Perusahaan telco yang mempunyai peranan sangat vital (XL) sudah dikuasai Malaysia, belum lagi perbankan. Bank CIMB Niaga dikuasai Malaysia lewat Bumiputera-Commerce-Holding-Berhad (BCHB).

Karena ekonomi terpuruk, tidak ada anggaran cukup untuk memelihara angkatan bersenjata yang kuat. Karena tidak ada angkatan bersenjata yang kuat, maka kita tidak mampu berbuat apa-apa, ketika maaf -tetangga buang kotoran di pekarangan kita-. Itulah yang sudah terjadi saat ini, kapal-kapal perang Malaysia sudah berlalu lalang seenaknya di perairan Ambalat, tanpa takut sedikitpun pada patroli TNI AL.

Saya tidak ingin berandai-andai, tapi pepatah mengatakan "siapa yg ingin damai harus siap berperang". Bahasa kasarnya mungkin begini, "bila Anda tidak siap perang, maka lawan akan menjajahmu dan Anda tidak bisa hidup damai". Marilah kita jujur, dengan kondisi bangsa seperti sekarang apakah kita siap berperang ?, kondisi persenjataan sudah usang dan tidak layak lagi. Dalam kurun waktu satu tahun terakhir saja sudah berapa pesawat terbang dan helikopter yang jatuh.

Saya bukan pengamat militer dan tidak tahu perimbangan kekuatan bersenjata Indonesia-Malaysia. Yang saya tahu kapal-kapal TNI AL sudah berusia lanjut, yang baru hanyalah beberapa korvet dari Belanda. Kapal selam seingat saya hanya ada dua type 209 ex Jerman. Di lain pihak Malaysia baru saja menerima dua kapal selam baru kelas Scorpene dari Perancis. Scorpene adalah kapal selam type baru yang bisa menyelam hingga kedalaman 300 meter. Seandainya terjadi perang laut di perairan Ambalat, saya tidak yakin Indonesia mampu menjaga harkat dan martabatnya.

Gambar diambil dari Harian Kompas, 4 Juni 2009.

No comments:

Post a Comment