Tuesday, October 30, 2007

Orang-orang yang Peduli Indonesia

Saya selalu tertarik setiap kali mendengar berita tentang orang-orang Indonesia yang membuat inovasi atau prestasi tertentu. Ada orang yang begitu besar pedulinya pada lingkungan hidup sehingga dengan sukarela melakukan penghijauan kecil-kecilan (misalnya Abdus Samad). Ada orang yg punya visi, kemampuan dan jiwa wirausaha mengembangkan usaha produksi misalnya handphone Nexian (Harijadi Budimartono), peralatan elektronik Polytron atau komputer Zyrex (Timothy Siddik). Adalagi orang yang menaruh perhatian besar pada bidang ilmu tertentu misalnya Prof Yohanes Surya yg telah berhasil mendampingi beberapa pelajar Indonesia memperoleh medali emas pada Olimpiade Fisika Internasional. Adapula beberapa sejarawan terkemuka yang dengan tanpa henti terus mengupayakan dikuaknya kebenaran sejarah (Asvi Warman Adam, Baskara Wardaya). Di bidang IT ada Onno Widodo Purbo, mantan dosen ITB yg menelurkan ide RT-RW Net, sebuah solusi akses Internet murah yg digarap masyarakat secara swadaya. Di bidang perfilman ada Garin Nugroho dan Ari Sihasale. Di bidang politik kita kenal Kwin Kian Gie seorang keturunan Tionghoa tapi sekaligus nasionalis tulen. Kita juga mengenal Munir, seorang tokoh pejuang kemanusiaan yang akhirnya mati dibunuh "penguasa".

Saya yakin diluar daftar ini masih ada banyak tokoh lainnya yang karena keterbatasan saya belum saya ketahui atau belum dapat dicantumkan di sini.

Semua mereka menjalankan peran dan kontribusinya masing-masing bagi negeri ini, dengan cara dan sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Saya selalu tertarik membaca dan mengenalkan kisah mereka, bagi Anda yang punya info tentang orang-orang seperti itu, saya akan sangat berterima kasih bila diberitahu.

1 comment:

  1. mm..nampaknya kita satu visi bung!ada alamat (email) yang bisa dihubungi?atau kita bisa sedikit ngobrol barangkali?lewat msn messenger atau yahoo messenger mungkin?jika ada account disana anda bisa add saya di yudish_bangsat@hotmail.com (msn) atau yudish_bangsat@yahoo.com (YM)
    terima kasih!RESPEK!

    ReplyDelete