Monday, November 19, 2007

Sarimin, potret buram hukum dan keadilan di Indonesia

Sebetulnya saya bukanlah penggemar theater, tapi beruntunglah saya pada hari Minggu malam, tgl 18 Nopember 07 kemarin seorang teman mengajak saya menonton lakon monolognya Butet berjudul Sarimin di Graha Bhakti Budaya, TIM. Beruntung karena tontonan tersebut lucu menghibur sekaligus mengingatkan saya bahwa masih banyak orang yg peduli terhadap negeri ini. Peduli dengan caranya sendiri, menyampaikan kritik dengan gayanya sendiri....

Singkat kata, lakon ini berkisah tentang hukum dan keadilan di Indonesia yang terbolak-balik, benar jadi salah, salah jadi benar, salah karena benar, karena Sarimin benar maka dia jadi salah sehingga harus masuk bui, untuk meringankan hukumannya, pengacara menganjurkan Sarimin untuk mengaku salah (meski Sarimin tidak bersalah), Sarimin yg lugu (bahkan membaca tulis saja tak bisa), tak dapat memahami logika hukum seperti itu.

Logika aparat hukum (dlm hal ini diwakili polisi dan hakim agung) ya terbolak-balik pula. Pedoman hukum bukanlah keadilan itu sendiri tapi siapa atau apa yang berkuasa.

Bicara tentang hukum dan keadilan, sudah pasti kita akan bicara pula tentang polisi. Polisi yang citranya begitu suram di negeri ini. Lakon ini menampilkan sentilan khusus bagi institusi kepolisian yang sosoknya di satu sisi sangar menakutkan, namun di lain pihak tak ada wibawa, karena dia tidak berpihak pada kebenaran dan keadilan, tapi pada "kuasa" (baca: uang). Gambar memperlihatkan wajah polisi dalam lakon Sarimin.

1 comment:

  1. Oi, achei seu blog pelo google está bem interessante gostei desse post. Gostaria de falar sobre o CresceNet. O CresceNet é um provedor de internet discada que remunera seus usuários pelo tempo conectado. Exatamente isso que você leu, estão pagando para você conectar. O provedor paga 20 centavos por hora de conexão discada com ligação local para mais de 2100 cidades do Brasil. O CresceNet tem um acelerador de conexão, que deixa sua conexão até 10 vezes mais rápida. Quem utiliza banda larga pode lucrar também, basta se cadastrar no CresceNet e quando for dormir conectar por discada, é possível pagar a ADSL só com o dinheiro da discada. Nos horários de minuto único o gasto com telefone é mínimo e a remuneração do CresceNet generosa. Se você quiser linkar o Cresce.Net(www.provedorcrescenet.com) no seu blog eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. If is possible add the CresceNet(www.provedorcrescenet.com) in your blogroll, I thank. Good bye friend.

    ReplyDelete