Tuesday, March 30, 2010

Membayar Pajak ?

Hari Senin kemarin tanggal 30 Maret 2010 saya ke Kantor Pajak untuk menyerahkan SPT tahunan. Masuk ke kantor pajak yg gedungya cukup megah dan bagus. Di dalam saya lihat beberapa orang antri menunggu giliran mengurus SPT. Jika saya lihat sepintas orang-orang yg antri tersebut kelihatannya bukan dari kalangan berduit/kaya. Penampilan sederhana seadanya, mungkin gajinya juga tidak seberapa. Saya salut pada mereka di jaman yg serba susah seperti ini, masih mau punya kesadaran tinggi untuk menyisihkan gajinya untuk membayar pajak.

Beda dengan saya yg pajak penghasilan sudah dibayarkan langsung oleh perusahaan ke Kantor Pajak, orang-orang ini punya kesadaran tinggi untuk membayar pajak. Trenyuh rasanya hati ini melihat ketulusan orang-orang ini membayar pajak, jika kita bandingkan dengan para oknum pajak, aparat dan pemerintah yg dengan sewenang-wenang menyalahgunakan uang negara untuk kepentingan sendiri.

Dimanakah keadilan, jika kita yg bekerja susah payah sebagai karyawan setiap tahun harus membayar pajak, dipotong dari gaji yg tidak seberapa, dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar yg pendapatannya milyaran, dan gaji eksekutifnya puluhan juta rupiah perbulan, tapi ngemplang pajak.

Dimanakah keadilan jika seorang oknum pajak bernama Gayus Tambunan, pegawai golongan IIIA berusia 30 tahun, yg gajinya "hanya" Rp 12 juta perbulan tapi punya rumah seharga milyaran rupiah di Kelapa Gading dibiarkan kabur ke Singapura, padahal didakwa terlibat korupsi senilai Rp 25 Milyar.

Dimanakah ketegasan dan rasa keadilan Kapolri, pada saat Susno Duadji melaporkan adanya dugaan korupsi yg dilakukan sejumlah Jenderal Polisi bersama dengan Gayus Tambunan, justru Susno yg diperiksa dengan tuduhan melanggar aturan disiplin internal Polri, sementara Gayus dibiarkan melenggang ke Singapura.

Dimanakah ketegasan Presiden SBY melihat kinerja kepolisian yg seperti itu, setelah kasus KPK dan Bank Century yang sekarang malah tenggelam. Tidakkah pak SBY tergerak hatinya untuk mengambil tindakan tegas dan berani untuk melakukan pembersihan institusi kepolisian dari oknum-oknum Jenderal tak bertanggung-jawab ?

Masih layakkah kita membayar pajak di negeri ini ?

No comments:

Post a Comment