Friday, August 01, 2014

Mewaspadai ISIS di Indonesia

Saat ini dunia terserap perhatiannya ke Gaza, dimana militer Zionis Yahudi melakukan tindakan pembantaian atas rakyat Palestina yang tak berdaya. Hingga saat ini sudah lebih dari 1.400 warga Palestina yang tewas.
Perhatian ke warga Palestina di Gaza membuat kita lengah atas pembantaian lain yang tak kalah kejinya di kawasan Irak - Suriah.

ISIS atau Negara Islam di Irak dan Suriah, dalam bahasa Inggris adalah Islamic State in Iraq and al-Sham atau ISIL Islamic State in Iraq and The Levant adalah sebuah gerakan Islam yang bercita-cita mendirikan (kembali) Kekhalifan Islam mulai dari Irak dan Suriah.. 

Masalahnya bukan cita-cita apa yang hendak mereka capai, tapi bagaimana mereka mencapai cita-cita itu. ISIS menggunakan segala macam cara termasuk dan terutama kejahatan dan kekejaman.  Mereka tidak ragu membantai siapapun (termasuk sesama Muslim dan bahkan para Ulama yang tidak mendukung), ISIS menghancurkan Mesjid dan Gereja, juga makam Nabi Yunus.  ISIS dilaporkan juga memaksa warga Kristen di Mosul untuk berpindah iman menjadi Muslim atau mereka harus meninggalkan kota Mosul.

Yang lebih memprihatinkan adalah bahwa gerakan ISIS ini rupanya mempunyai daya tarik luar biasa, hingga bisa merekrut banyak pemuda dari seluruh dunia termasuk Indonesia.  Bahkan dikabarkan sudah ada 30 pemuda Indonesia yang berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS di sana.

Saya tidak bermaksud membahas ideologi ISIS. Tapi saya melihat bahayanya.

Bagaimana sikap pemerintah Indonesia ?

Sejauh ini Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa sudah mengeluarkan pernyataan resmi mengecam ISIS.  Oke di satu hal, tapi saya kira itu tidak cukup.

Melihat potensi bahayanya seharusnya pemerintah Indonesia (Presiden SBY) bersikap tegas dengan menyatakan bahwa aktivitas mendukung ISIS di Indonesia adalah kegiatan terlarang.  

Saya menduga bahwa banyak pemuda Indonesia yang tertarik bergabung dengan ISIS tidak sepenuhnya paham gerakan apa yg mereka ikuti tersebut.  Mereka hanya semata-mata berpikir tentang bagaimana berjuang untuk Islam, tanpa sadar bahwa ISIS sendiri telah melanggar kaidah-kaidah dan ajaran Islam.  Di sinilah letak pentingnya penjelasan dari pemerintah tentang apa itu ISIS, apa bahayanya dan kenapa gerakan tersebut terlarang di Indonesia.

Saya kira lebih dini isu ini diantisipasi lebih baik, sebelum bibit-bibit kekerasan ini tumbuh subur menjadi banyak dan tak terkendali.

1 comment:

  1. Hello to every one, it's in fact a good for me to pay a quick visit this
    site, it consists of precious Information.

    Feel free to surf to my web blog :: pengertian isis

    ReplyDelete