Monday, September 07, 2009

Indonesia 2025

Sebuah bangsa bisa menjadi bangsa yg besar, jika berani punya mimpi besar dan -tentu saja-keberanian dan tekad baja untuk mewujudkan mimpi besar tersebut.

Dalam pidato kenegaraan di depan DPR, 14 Agustus 2009 lalu, presiden SBY menawarkan sebuah mimpi tentang Indonesia di tahun 2025. Telah ditetapkan 10 sasaran yg hendak dicapai.

Dalam kolomnya di majalah Tempo, Ignas Kleden, seorang ahli sosiologi mengkritisi cita-cita dan mimpi Presiden SBY. Paparan dan argumennya sangat menarik dan mengena menurut saya. Dalam posting ini saya tidak ingin menelaah lebih jauh visi tersebut, tapi saya ingin sampaikan pengamatan langsung secara sederhana atas apa yg terjadi di hadapan kita.

Saya ingin menyoroti beberapa saja dari kesepuluh butir cita-cita SBY tersebut. Pertama, penegakan hukum dan ketertiban secara konsisten (butir no. 4). Seberapa besar komitmen pemerintahan SBY dalam menegakkan hukum ?, terbukti hingga saat ini masih banyak kasus pelanggaran HAM berat yg tidak ada penyelesaian hukumnya, termasuk kasus pembunuhan Munir.

Kedua: pertumbuhan ekonomi yg terus terjaga dengan kemampuan yg makin mandiri (butir no. 5). Lagi seberapa besar komitmen pemerintah SBY dalam meningkatkan kemandirian ekonomi ?, terbukti seliuruh kebijakan pemerintah yg ada saat ini justru tidak memberi peluang atas berkembangnya ekonomi rakyat ?

Ketiga: tata kelola pemerintahan yg baik dan pemberantasan korupsi (butir no. 7). Sekali lagi seberapa besar komitmen dan keberanian presiden SBY dalam menegakkan tata kelola pemerintahan yg baik dan pemberantasan korupsi. Dua kasus besar yg baru terjadi akhir-akhir ini menjadi indikasi atas ketidak-tegasan presiden SBY: kasus Bank Century dan kasus penggembosan KPK.

Saya kira cukup 3 contoh kasus di atas menjadi dasar untuk mempertanyakan komitmen presiden SBY. Akhirnya mimpi sebesar, setinggi dan seindah apapun tidak ada artinya bila tidak dibarengi dengan tekad kuat untuk mewujudkannya. Akhirnya jadi seperti si Kabayan yang mimpi di siang bolong sambil tiduran di pinggir ladang.

No comments:

Post a Comment