Saturday, September 12, 2009

SBY vs Munir

Mungkin Anda akan tertawa membaca judul posting ini. SBY lawan Munir, memangnya siapakah Munir itu sehingga bisa dibandingkan dengan SBY.

Munir bukan siapa-siapa, bukan pejabat, bukan jenderal, bukan orang kaya dan tidak punya kuasa. Sosoknya kecil kurus dan tidak menarik.

Tapi dibalik itu semua, ada hati yang tulus, tekadnya untuk menegakkan keadilan dan hak asasi manusia. Ada semangat untuk membela kebenaran dan kemanusiaan. Dan lebih lagi ada keberanian dan nyali setebal baja.

Dalam suatu wawancara, Munir menceritakan bagaimana dia menghadapi berbagai teror dan ancaman pembunuhan, tidak hanya Munir yang diteror tapi juga orang tua dan keluarganya. Semua teror dan ancaman yang dialami Munir tidak pernah diceritakan atau diungkapnya ke publik. Alasan Munir, "...kalau saya ceritakan ke orang lain, maka si pen-teror itu telah berhasil menyebarkan teror dan ketakutan ke banyak orang..." begitu kira-kira katanya.

Ancaman yang dihadapi Munir bukan main-main dan bohong, terbukti akhirnya dia mati dibunuh dengan racun arsen dalam penerbangan ke Amsterdam, lima tahun yg lalu.

Munir sudah mati, tapi saya yakin cita-cita luhur dan keberaniannya tidak pernah mati, justru semakin hidup dan berkobar di dalam hati kita semua.

No comments:

Post a Comment