Thursday, August 25, 2011

Cintai tanahmu, cintai hutanmu dan harimaunya

Saya termasuk salah satu dari tidak banyak orang yg boleh bersyukur bisa menikmati saluran TV Kabel di rumah. Beberapa hari lalu nonton di NatGeo Wild, acaranya berjudul Deep Jungle, New Frontiers.

Cerita berkisar sejumlah orang yg menggunakan berbagai metode baru (termasuk dan terutama teknologi baru yang canggih) untuk melakukan eksplorasi, menyelidiki, tenggelam masuk ke dalam hutan dan mencoba menguak rahasia yg tersembunyi di dalamnya.

Bukan hanya soal teknologinya yang menarik, tapi bahwa ternyata hutan-hutan di Sumatra dan Kalimantan yg menjadi salah satu area yg dikunjungi dan diselidiki.

Jeremy Holden bersama dengan seorang temannya dengan sejumlah digital kamera, sensor gerak dan sebagainya mencoba menangkap gambar harimau Sumatra. Lokasi tepatnya di Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatra. Setelah perjuangan panjang dengan tekun dan sabar, selama berhari-hari, akhirnya mereka berhasil mendapatkan rekaman gambar harimau tersebut.

Film ini memperlihatkan - sekali lagi - betapa kayanya tanah Indonesia, dengan hutan hujan yg lebat penuh dengan aneka ragam tumbuhan dan hewan liar. Sepatutnya kita syukuri, rawat dan pelihara dengan baik. Jangan sampai anak cucu kita kelak hanya bisa melihat hutan dan harimau lewat buku-buku dan film saja.

Saya sudah berhenti berharap pada pemerintah, sekarang saya mengajak Anda yg berkenan mengunjungi blog ini, mari cintai tanah kita, hutan dan harimau kita. Bisa mulai dari pekarangan rumah kita sendiri, tanami dengan tumbuhan hijau, jika memungkinkan buatlah lubang resapan biopori. Jika ada rezeki lebih, marilah kita sumbangkan sebagian ke LSM lingkungan hidup yang berjuang langsung untuk melestarikan alam kita.


No comments:

Post a Comment